Power supply antara hidup dan mati

Bookmark and Share
Komputer lambat dan sering hang, akan menjadi masalah yang sering di hadapi para pengguna komputer, banyak masalah yang ditimbulkan bilang komputer sering lambat, hang dan sekaligus restart sendiri. seperti yang tertulis di blog ini sebelumnya. komputer sering restart sendiri
Jangan anggap remeh masalah ini, bila ini dibiarkan akan banyak berpengaruh pada komponen yang lain, seperti hardisk yang sering di restart sehingga menyebabkan back sector, atau memori yang tidak berfungsi dengan baik, dll
Logikanya kalo komputer lambat atau sering hang adalah pasukan listrik yang tidak maksimal, yang tidak bisa menyalurkan listrik ke komponen dengan baik sehingga yang terjadi adalah pasukan listrik ke komponen yang pada saat itu bekerja tidak berfungsi alias berhenti ( kecil sekali ). Dengan logika di atas  menjadi tolak ukur kita untuk mengetahui apa penyebabnya.
Listrik pada komputer yang menjadi tulang punggung adalah power supply, karena inilah yang menjadi nyawa dari komponen komputer. yang menjadi pertanyaannya adalah power supply tidak mati kok, masih bergerak kipas power supply. memang itulah realitanya, bila power supply mati jelas komputernya mati, kalo power supply antara hidup dan mati, terus gimana...?.
Ada beberapa cara untuk mengetahui power supply mati atau hidup sempurna :
  • Power supply yang normal akan mensupport 12 V dan 5 V, ukurlah menggunakan voltmeter dan pastikan tegangannya pasti atau mendekati, bila tidak bearti fungsi power supply sudah tidak sempurna.
  • Cabutlah beberapa komponen seperti hardisk, CD ROM/DVD untuk mengetahui fungsi power supply normal atau tidak, kemudian cabutlah memori kemudian pasang kembali bergantian slot, bila lebih sering berbunyi maka power supply sudah ngak normal ( walaupun akhirnya memori berfungsi ), hal itu juga bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu menggunakan VGA CARD.
  • Loading BIOS yang lama atau lambat menjadi ukuran power supply tidak normal.
  • Yang lebih pasti adalah pembandingan power supply, bandingkan power supply yang ada dengan power supply yang baru atau pinjam teman, bila sama hasilnya maka bukan power supply namun kalo tidak sama berati dipastikan power supply.
 Demikian beberapa hal yang berkenaan power supply, ini adalah sebagian pengalaman tentang power supply mudah-mudah bermanfaat.
Pilihlah power supply dengan watt sesuai kapasitas komponen yang ada.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar