Windows server 2008 sebagai domain server

Bookmark and Share
Sesuai dengan perkembangan dunia teknologi khususnya teknologi jaringan ( network), server merupakan komponen penting dalam mengelola serta mengkomunikasikan satu komputer dengan komputer yang lain, sehingga terbentuk jaringan yang hidup saling berhubungan satu dengan yang lain.
Perkembangan server khususnya microsoft tidak begitu senifikan di mulai Windows server NT, Windows server 2000, windows 2003 dan terakhir saat ini Windows 2008 dengan berbagai varian versi.
Saat ini kita mencoba memberikan sedikit ilmu tentang Windows 2008 sebagai Domain Server.

 Windows Server 2008 lebih stabil sebagai domain daripada beberapa varian windows server sebelumnya, ada beberapa hal yang harus di ketahui sebelum melakukan instalisasi server ini diantarnya adalah active directory, DNS, file Server dan Network Policy and Access, dari keempat komponen ini harus ada serta dipahami dalam instalisasi server 2008.
Windows server 2008 yang berfungsi sebagai domain akan mengkombinasikan seluruh aktivitas jaringan baik internal maupun eksternal. 
Cara instalisasi Windows server 2008 menjadi domain :
  • Install windows server 2008 secara lengkap dan benar
  • Setting active directory ( ada pembahasan khusus )
  • Kemudian menghidupkan DNS ( Domain Name System )
  • Baru file server

Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa DNS mempunyai 2 kategori yaitu Primary dan secondary, DNS Primary menjadi pusat aktivitas dari user untuk berkomunikasi dengan yang lain. DNS menjadi titik serta alamat dari seluruh aktivitas, kita kenal yang namanya dot com, dot net, dot web.id, dll ini merupakan DNS, bila kita dikantor bisa kita namakan kantor kita seperti VasSolustion.net.
Di DNS kita akan mensetting seluruh aktifitas user baik penambahan user baru maupun status user tersebut. dengan demikian DNS ini sangat penting sekali dalam alur jaringan server-client.
Dmikian sedikit tentang DNS mudah bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar