Memori yang Manja

Bookmark and Share
Dalam artikel ini saya coba menggunakan judul yang aneh tapi kenyataannya benar " Memori yang manja". dalam dunia teknisi tidaklah heran semua ada yang aneh dan kadang bikin kesal. tidak apa-apa kok mati yaa...?, baru beli kok manja...?.
gbr. Memori

Kejadian itu sering terjadi seriring dengan banyaknya perkembangan teknologi baru dan banyak spart yang tidak asli ( atau orang sebut KW 2 ), entah dari mana supplynya dari motherboard, vga card, memori, dan hardisk pun tidak luput dari pemalsuan. yang paling membedakan adalah harga yang lebih murah, dari segi bentuk dan ukuran tidak akan kita kenali apakah itu asli atau tidak.
Di beberapa pusat pembelanjaan komputer yang terbesar seperti mangga dua mall, harco mangga dua, tidak luput dari barang-barang ini. kita harus jeli dan memastikan keaslinya, walaupun secara kasap mati tidak kelihatan sama sekali.
Terlepas dari asli atau tidak ( insya allah nanti ada artikel mana barang asli dan tidak ), memori memegang peran penting dalam CPU, tanpa memori CPU tidak akan menyala. ada beberapa memori dari segi kualitas bagus namun dari segi kekuatan atau ketahanan dalam prosesnya kadang menjadi tidak maksimal. walaupun itu memiliki garansi seumur hidup atau life time.
Dari judul yang saya bahwakan kenapa memori itu manja, diantaranya sebagai berikut :
  1. Pemilihan memori yang baik adalah carilah memori yang bergaransi life time dan memiliki hologram yang pasti sebagai tanda keasliannya.
  2. Bila memori di dalam motherboard itu single tidak akan banyak pengaruhnya IC yang berjumlah 8 maupun 16, namun kalo slotnya atau mau memasang double atau lebih diharapkan harus sama ICnya, biasanya yang terjadi kalo load proses komputer tinggi akan menyebabkan hang dalam komputer.
  3. Bila sudah terpasang sering hang kemungkinan adalah kebersihan dari chip memori, lihat aluminium yang ada di chip yang berwarna keemasan, bila telah kotor bersihkan menggunakan penghapus untuk menghilangkan kotor tersebut.
  4. Selain memori biasanya yang menyebabkan hang adalah slot memori, bila memori slotnya kotor yang terjadi aliran listrik dan data tidak lancar sehingga menyebabkan tersedatnya pasokkan data dan listrik terhambat.
  5. Pilihlah merk yang terkenal yang sudah teruji untuk skala yang panjang dan spek yang tinggi.
Demikian beberapa penyebab memori menjadi manja sehingga menjadi pelajaran buat kita untuk berhati dalam memilih serta menggunakan dengan baik spart komputer yang satu ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar