Jumper kecil, Besar Manfaatnya

Bookmark and Share
Jumper kecil yang berwarna hitam atau biru memiliki manfaat sangat besar, jumper ini biasanya digunakan untuk membedakan kefungsian dari sebuah alat. Jumper yang akan kita bicarakan adalah Jumper hardisk. 
Dalam hardisk IDE atau type hardisk SATA yang lama, biasanya menggunakan jumper untuk membedakan Master, Slave, CS ( select), ini berlaku untuk pararel hardisk.
Tampak gambar diatas bahwa jumper akan membedakan mana yang master, slave atau select ( kosong). 
  • Jumper Master berfungsi bila digunakan untuk hardisk pertama ( IDE-1 ), semua system akan disimpan di hardisk master ini atau biasanya disebut Hardisk  primary.
  • Jumper Slave berfungsi bila digunakan untuk hardisk kedua ( IDE-2), hardisk ini biasanya merupakan backup data atau tempat data dalam proses sehari-hari. kondisi hardisk seperti ini disebut Hardisk Secondary.
  • Jumper Select berfungsi bila digunakan untuk hardisk kedua atau ketiga (IDE-3), hardisk ini biasanya bebas digunakan, kelemahannya bisa menjadi master atau slave. ( Not recomended).


Tampak gambar cara memasang jumper hradisk.

Jumper hardisk biasanya hanya digunakan hardisk type IDE, ada beberapa type SATA namun ini sudah lama tidak produksi. Jumper hardisk ini sangat menentukan sekali bila akan mengkombinasikan 2 hardisk, bila salah atau terbalik yang terjadi adalah system tidak berjalan atau 2 hardisk tidak terdeteksi.
Untuk cara memasang jumper ini beberapa vendor telah memberikan label untuk menandai mana yang berfungsi sebagai master, slave dan select. kita tinggal menancapkan jumper sesuai dengan kebutuhan kita.
mudah-mudahan bermanfaat.



{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

makasih ilmunya, kunjungan balik

Admin mengatakan...

terima kasih atas kunjungan mbak erma.

Posting Komentar